Laporan Ilmiah

on Kamis, 18 Desember 2014


Nama   : Sonia Hosey Rosalina
Npm    : 27212104
Kelas   :  3EB19
Tugas   : Bahasa Indonesia 2 (Struktur Laporan,Manfaat penyusunan Laporan)

Seperti halnya karangan pada umumnya, laporan harus disampaikan dalam bentuk dan struktur yang baik dan sistematis. Bentuk yang baik bertalian dengan teknik penulisan, sedangkan struktur berkaitan dengan organisasinya. Oleh sebab itu,dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana teknis dan struktur laporan ilmiah yang baik .
A.    Teknik Menulis Laporan
a.      Menentukan Topik
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan topik, antara lain:
  1. Topik yang Anda tentukan harus berada di sekitar Anda, baik di sekitar pengalaman Anda maupun di sekitar pengetahuan Anda. Hindarilah topik yang jauh dari diri Anda karena hal itu akan menyulitkan Anda ketika menggarapnya.
  2. Topik yang Anda pilih harus topik yang paling menarik perhatian Anda.
  3. Topik yang Anda pilih harus terpusat pada suatu segi lingkup yang sempit dan terbatas.
Jika topik sudah ditentukan dengan pasti sesuai dengan petunjuk-petunjuk, tinggal Anda menguji sekali lagi: apakah topik itu betul-betul cukup sempit dan terbatas ataukah masih terlalu umum dan mengambang.

b.      Menentukan Judul

Penentuan judul karya ilmiah dapat ditempuh dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan masalah apa, mengapa, bagaimana, di mana, dan kapan. Namun, tidak semua pertanyaan itu harus digunakan mementukan judul. Mungkin, pertanyaan itu perlu dikurangi atau ditambah dengan pertanyaan lain.

c.       Rangka Buram Karya Ilmiah

Kerangka karangan, pada prinsipnya adalah proses penggolongan dan penataan berbagai fakta.

d.      Tahap Pengumpulan Data

Langkah pertama yang harus ditempuh dalam pengumpulan data adalah mencari informasi dari kepustakaan (buku, koran, majalah, brosur) mengenai hal-hal yang ada relevansinya dengan judul garapan saat ini

e.        Pengorganisasian dan Pengonsepan

Jika data terkumpul, Anda menyeleksi dan mengorganisasi data itu. Anda menggolong-golongkan data menurut jenis, sifat atau bentuk.


f.       Pemeriksaan Konsep

Sebelum mengetik konsep, Anda memeriksa dahulu konsep itu. Tentu ada bagian yang tumpang tindih atau ada penjelasan yang berulang-ulang. Buanglah penjelasan yang tidak perlu dan tambahkan penjelasan yang dirasakan sangat menunjang pembahasan.

g.      Penyajian atau Pengetikan

Ketika mengetik, Anda memerhatikan hal-hal seperti kulit depan, unsur-unsur dalam halaman judul, unsur-unsur dalam halaman pengesahan, unsur-unsur dalam daftar isi, dan unsur-unsur dalam daftar pustaka serta lampiran.

h.      Bahasa dalam Penyuntingan Karya Ilmiah

Dalam hubungan dengan penggunaan bahasa, penyunting selanjutnya wajib menguasai pemakaian ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan, pembentukan kata, pemilihan kata, penyuntingan kalimat efektif, dan paragraf karya ilmiah.

i.        Sitematika Penulisan
Untuk sistematika penulisan,maka kaitannya dengan struktur laporan yang baik 

B. Struktur Laporan
a.       Bagian Awal

·         Halaman Judul

1)          Judul diketik dengan huruf besar (kapital);

2)          Nama penulis dan nomor induk;

3)          Logo sekolah/kampus;

4)          Sekolah asal ditulis dengan jelas; dan

5)          Tahun penulisan.





·         Lembar Pengesahan

1)          lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk;

2)          lembar pengesahan ditandatangani oleh guru pembimbing dan moderator lengkap dengan stempel sekolah;

3)          lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

Ø  Kata pengantar dari penulis yang menyebutkan tema dan topik tulisan.

Ø  Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Ø  Ringkasan karya tulis disusun sebanyak-banyaknya dua halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, simpulan dan rekomendasi (abstrak).

b.      Bagian Inti

a)      Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
o   Latar belakang yang memuat alasan pemilihan judul.
o   Uraian singkat mengenai identifikasi masalah atau perumusan masalah (lebih baik dirumuskan dalam bentuk pertanyaan).
o   Tujuan dan manfaat penulisan diuraikan dengan jelas. Kemukakan tujuan dan manfaat penelitian yang dikerjakan.
o   Metode penelitian adalah Penentuan metode dan teknik menganalisis data juga akan menentukan hasil dari sebuah penelitian.
o   Sebagai cara, tambahnya,  adanya alat yang dipakai mengumpulkan data termasuk cara analisisnya.

b)      Landasan Teori
Landasan teori berisi: uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikritisi (ingin dibahas);


c.       Bagian Isi/Pembahasan
Bagian pembahasan berisi hal-hal sebagai berikut: Analisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif (daya cipta), idealis (bercita-cita tinggi), logis (masuk akal) dan dinamis (tidak kaku, dapat menyesuikan dengan perkembangan) serta realistis (sesuai kenyataan) untuk diimplementasikan.
d.      Penutup
Bagian penutup ini berisi kesimpulan dan saran. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan. Saran berupa rekomendasi berupa transfer gagasan, operasionalisasi solusi dan implementasinya di masyarakat
e.        Bagian Akhir
Daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat menemukan sumber yang disebutkan. Daftar rujukan atau daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
Berikut pembahasan saya kali ini,pola diatas tidak sepenuhnya mutlak. Khusus dalam jurnal –jurnal ilmiah. Masing-masing jurnal biasanya memberlakukan struktur penulisannya masing-masing.

C.   Manfaat Laporan
Manfaat penyusunan Laporan adalah berikut:
·         Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif;
·         Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber;
·         Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
·         Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis;
·         Memperoleh kepuasan intelektual;
·         Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;
·         Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya



DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah




0 komentar:

Posting Komentar