Esay "Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi"

on Rabu, 15 Juni 2016


“Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi”

Tujuan seseorang belajar di perguruan tinggi atau universitas bukan lagi hanya untuk mencari ilmu, akan tetapi setelah lulus dari perguruan tinggi nantinya seseorang tersebut mendapat pekerjaan yang layak sesuai dengan yang diharapkan atau di cita-citakan. Banyak perguruan tinggi ternama, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta dari berbagai jurusan disiplin ilmu yang berlomba-lomba menciptakan peserta didik atau lulusan yang terbaik dan siap bersaing di dunia pekerjaan nantinya, karena tidak dapat dipungkiri lapangan pekerjaan saat ini sangat minim jika dibandingan dengan jumlah pencari kerja.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI, tingkat penggangguran terbuka (TPT) pada tarikh Februari 2013 mencapai 5,29% di mana jumlah pengangguran terbuka sebanyak 7.170.523 orang dengan latar belakang pendidikan dari universitas hingga yang tidak/ belum pernah sekolah. Ini sungguh mencengangkan sebab tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang memadai. Terlebih lagi pengembangan kawasan bisnis, niaga, dan pemerintahan terpusat di pulau Jawa saja khususnya di provinsi DKI Jakarta. Mau tidak mau, pencari kerja harus betul-betul membekali diri dengan ilmu teori dan praktik secara mendalam dan memiliki ketekunan dalam berusaha. Lain halnya dengan lulusan yang berpotensi sebagai pencipta lapangan kerja. Rendahnya lowongan kerja dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja  menjadi salah satu  penyebab semakin besarnya jumlah pengangguran. Padahal  tiap tahunnya banyak sekali lulusan sarjana. Hal ini jelas membuat kompetisi kerja semakin tinggi, apalagi ditambah dengan adanya perdagangan bebas, yang diikuti dengan  derasnya mobilisasi   pekerja-pekerja asing, seperti dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain. Seperti contohnya adalah saat ini banyak perusahaan-perusahaan kontraktor lebih percaya kepada konsultan asing  seperti dari Jepang , Filipina, dan lainnya. Jadi kita tidak hanya bersaing dengan lulusan dalam negeri saja, tetapi juga dari luar negeri.
Untuk menghadapinya, selain dengan meningkatkan potensi diri  dengan penguasaan beberapa keterampilan seperti keterampilan berbahasa asing dan penguasaan teknologi seperti  komputer.  Kita juga dituntut untuk pandai-pandai  dalam memilih bidang yang memiliki prospek baik ke depan. Salah satu pilihan itu adalah Akuntansi. Ditengah krisis moneter yang membuat lesunya perekonomian, jasa akuntan tak kunjung henti dibutuhkan. Malah  ketika reformasi bergulir, dan masyarakat menuntut transparansi dari pemerintah maupun sektor swasta, jasa akuntan semakin dibutuhkan. Prospek kerja yang cukup menjanjikan dari bidang akuntansi ini menjadikan Jurusan Akuntansi  menjadi  salah satu jurusan favorit di berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi.
v Sumber:
Berita online: (Kompasiana.com 2013)

Tulisan Ini Adalah Salah Satu Bentuk Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Akuntansi Internasional

Nama        : S. Hosey Rosalina
Dosen       : Jessica Barus, S.E., Mmsi.

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI

0 komentar:

Posting Komentar