Pengantar Bisnis
Minggu ke-6
Pertanyaan
1. Sebutkan perbedaan jenis pasar dan
masing-masing beri 3 contoh!
2. Buatlah skema bauran pemasaran !
3. Sebutkan dan jelaskan tujuan system
pemasaran!
Jawaban
1. Jenis-jenis pasar ada 4 jenis, yaitu
:
·
Pasar Konsumen : Pasar konsumen
adalah sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual
atau diproses lebih lanjut, contoh: dimana pembeli membeli barang kebutuhan
seperti barang primer, sekunder, dan tersier.
·
Pasar Industri : Pasar
Industri adalah pasar yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi
yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung,
dalam memeproduksi barang lain kemudian dijual, contoh : terdapat pasar
tekstil, industri makanan, dan industri minuman.
·
Pasar Penjual : Pasar
penjual adalah pasar dimana individu dan organisasi yang membeli barang untuk
dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba, contoh : terdapat semacam
agen, apotek, dan showroom.
·
Pasar Pemerintah :
pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti
departemen, direktorat, kantor dinas, dan instansi lainnya, contoh : PT
Pertamina, PT Kereta Api, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).
2.
Skema Bauran Pemasaran
·
Produk :
-
Produk tidak tahan lama
-
Produk tahan lama
-
Jasa (service)
·
Struktur Harga :
-
Harga perkenalan pasar
-
Harga Markup
-
Harga prestige
-
Harga berdasarkan nilai
·
Kegiatan Promosi :
-
Periklanan
-
Hubungan masyarakat
-
Penjualan personal
-
Promosi penjualan
·
Sistem Distribusi :
-
Penjualan langsung
-
Penjualan melalui satu
perantara
3. Tujuan sistem Pemasaran
·
Memaksimumkan Konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah
dijalankan seharusnya dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada
gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal
bagi masyarakat.
·
Memaksimumkan Kepuasan
Konsumen
Pandangan lain mengatakan bahwa tujuan
sistem pemasaran adalah memaksimalkan kepuasan konsumen, bukan memaksimalkan
konsumsi. Tetapi, kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum
adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap penggunaan suatu produk atau
terhadap aktivitas pemasaran. Kedua, kepuasan yang diperoleh terkadang diikuti
kondisi yang kurang menyenangkan, seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Ketiga, kepuasaan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu (barang bergengsi)
sangat relatif, yaitu tergantung pada sedikit banyaknya orang lain yang
mengkonsumsi barang tersebut.
·
Memaksimumkan Mutu
Hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat
meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga
barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan
budaya. Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa mutu hidup adalah
tujuan yang bernilai bagi sistem pemasaran, meskipun tidak mudah mengukurnya
karena setiap individu mempunyai penilaian berbeda terhadap suatu produk.
·
Memaksimalkan Pilihan
Tujuan lain
di sistem pemasaran adalah ragam produk dan pilihan konsumen. Meskipun sistem
ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang dengan tepat memuaskan
selera serta memaksimalkan gaya hidup mereka, tetapi konpensasinya adalah
peningkatan biaya. Pertama, karena produk yang semakin mahal dapat menyebabkan
berkurangnya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen. Kedua, pertambahan ragam
produk, tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk menentukan
pilihannya.
0 komentar:
Posting Komentar